0
Pernahkah sobat merasakan bahwa daerah Kemaluan sobat terasa gatal, sehingga sobat menggaruknya. Seringkali juga sobat menggaruk hingga menimbulkan luka. Memang terasa menyebalkan apalagi ketika sobat sedang berada di tempat umum. Penyebab gatal ini karena adanya kuman dan jamur pada daerah kemaluan sobat.

Kuman dan Jamur akan cepat berkembang pada daerah yang memiliki daerah kelembaban tinggi, terutama pada daerah lipatan, seperti daerah lipatan paha, lipatan ketiak, dan juga lipatan jari. Berkembangnya kuman dan jamur ini banyak disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan tubuh. Selain itu juga pemakaian pakaian yang terlalu ketat juga bisa menyebabkan daerah lipatan menjadi lembab.

Mengapa Daerah Kemaluan Kita Sering Gatal

Untuk sobat yang kurang menjaga kebersihan alat reproduksi akan mudah terserang kuman dan jamur, telrebih pemakaian pakaian dalam dan celana yang ketat menambah peluang kuman dan jamur untuk berkembang subur. Selain itu juga pakaian dalam yang tidak diganti-ganti ikut menambah peluang berkembangnya kuman dan jamur.

Penyebab lain dari gatalnya daerah kemaluan ialah bisa disebabkan oleh alergi pada tubuh. Alergi ini bisa disebabkan karena faktor lingkungan maupun faktor makanan. Misalkan sobat alergi terhadap debu, maka sobat akan merasakan gatal pada tubuh sobat, tak terkecuali daerah vital. 

CARA MENGATASI GATAL PADA DAERAH KEMALUAN

Ada Beberapa Cara Dalam Mengatasi Gatal Pada Daerah Kemaluan, yakni:
  1. Gantilah celana dalam minimal 2 kali sehari, karena kuman dan jamur akan berkoloni (berkumpul) dan tumbuh subur pada pakaian yang tidak diganti dan lembab.
  2. Sehabis buang air kecil, cucilah daerah kemaluan hingga dirasa bersih dari sisa buang air kecil.
  3. Keringkan daerah kemaluan hingga kering (bisa mengguakan tisu) agar daerah kemaluan tidak lembab.
  4. Jangan gunakan celana yang sempit atau ketat, karena akan mengakibatkan daerah kemaluan menjadi panas dan akan berkeringat, sehingga mengakibatkan daerah kemaluan menjadi lembab.
  5. Mandi minimal 2 kali sehari menggunakan sabun antiseptik untuk menjaga kelembaban kulit.
  6. Alternatif lain ialah ketika akan tidur lebih baik tidak menggunakan celana dalam, karena kulit akan mudah bernafas sehingga pertumbuhan kuman dan jamur bisa diminimalisir.
  7. Gosokkan daun sirih pada daerah yang gatal, selain itu juga daun sirih bisa digunakan untuk alat bilas pada daerah yang gatal.
  8. Jagalah nutrisi makanan untuk meningkatkan imunitas tubuh agar dapat melawan mikroorganisme dalam tubuh kita yang menyebabkan gatal.
  9. Untuk yang memiliki alergi, usahakan untuk menghindari pantangan yang dapat mengakibatkan gatal timbul kembali.
  10. Apabila gatal dirasa sudah dirasa parah, sobat bisa periksakan pada Dokter Kulit dan Kelamin.
Itulah beberapa cara yang mungkin bisa sobat lakukan apabila terjadi gatal pada daerah kemaluan, yang terpenting ialah jagalah kebersihan tubuh kita, terlebih daerah kemaluan yang memiliki tingkat kelembaban lain daripada daerah lainnya. Selain itu juga bagi sobat yang mempunyai alergi hindarkan dari makanan pantangan yang menyebabkan gatal-gatal.

Post a Comment

Commenting Current Regulations :

1. Using Polite Language
2. No Spamming
3. Do Not Insert Links Active and Alive *Unless Important

Recommended To Use The NAME/URL For Easy Blogwalking :D
Comments That Do Not Conform To The Rules Will Be Removed :)

 
Top